Monday, 15-08-2022
Beranda   |   Pelayanan Publik


Penggantian Ijazah

Dasar Hukum     

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publi;
  3. Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB, Surat Keterangan Penggantian Ijazah/STTB, dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Persyaratan Pelayanan 

  1. Mengajukan surat permohonan/pengantar penggantian Ijazah dari Sekolah Asal (salah, rusak)
  2. Surat Keterangan Kepolisian (kehilangan)
  3. Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Dari Pemohon

Sistem, Mekanisme dan Prosedur           

  1. Pemohon datang ke Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dengan membawa surat keterangan/pengantar beserta Ijazah asli
  2. Petugas memeriksa kelengkapan persyaratan, sekiranya sudah cukup maka akan diproses, jika belum lengkap maka pemohon diminta untuk melengkapi
  3. Petugas membuat surat keterangan Penggantian Ijazah (salah, rusak, hilang
  4. Petugas akan memasukkan berkas tersebut ke dalam ruang kerja pejabat terkait untuk diparaf dan ditandatangani
  5. Setelah berkas tersebut ditandatangni pejabat terkait, petugas akan memberikan nomor surat, petugas mengambil 1 (satu) rangkap untuk arsip kemudian 1 rangkap lainnya akan diserahkan kepada orangtua/wali siswa untuk dipergunakan sebagaimana mestinya

Jangka Waktu Penyelesaian
Maksimal 2 (dua) hari kerja (apabila pejabat berada di tempat)

Sarana, Prasarana, dan Fasilitas

  1. Ruang tempat pengajuan penggantian Ijazah;
  2. Kelengkapan, Komputer, Printer, Alat Tulis Kantor, Stampel Buku Agenda dan Buku Penyerahan Berkas
  3. Kelengkapan dan Persyaratan pemohon.

Kompetensi Pelaksana 

  1. Mengerti dan memahami mengenai mekanisme penggantian ijazah rusak/salah/hilang;
  2. Mengerti dan memahami regulasi penggantian Ijazah;
  3. Mengetahui penggunaan perangkat komputer;
  4. Disiplin, teliti, dan bertanggung jawab;

Pengaduan Pelayanan Publik

  1. Prosedur Penyampaian Pengaduan. Pengaduan disampaikan kepada tim Pengelola Pengaduan Masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media, antara lain kotak pengaduan, email, HP, dan Kanal SP4N Lapor
  2. Tindak lanjut Penerimaan Pengaduan
    • membahas aduan yang diterima dalam rapat internal Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri;
    • membuat rekomendasi penyelesaian pengaduan kepada pimpinan.

Jaminan Pelayanan
Pelayanan didukung oleh pegawai yang berkompeten dengan prinsip pelayanan prima.

Jaminan Keamanan
Surat izin maupun rekomendasi dibubuhi tanda tangan serta cap basah sehingga terjamin keasliannya.

Evaluasi Kinerja
Evaluasi Kinerja dilakukan melalui pengukuran penerapan komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

Biaya/Tarif  Rp. 0,-



File Pendukung

No
File
1
Surat Keterangan Pengganti Ijazah
  Download
2
Surat Keterangan Pengganti SHUN
  Download
3
Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlah Ijazah
  Download
4
Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlah SHUN
  Download



RUBRIK LAINNYA

TEMA 4 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2
CYNTHIA NADYA NAPTHALENA
19-10-2021  •  135 x dilihat
Merapikan Tulisan Pada Cel di micro...
Veri Firmansyah
31-08-2021  •  191 x dilihat
SENI BUDAYA
Jepri Riswanto
26-08-2021  •  223 x dilihat
PPKN
Lia Nurika Midhas
25-08-2021  •  297 x dilihat

114 Sekolah

Data PAUD

72 Sekolah

Data SD

36 Sekolah

Data SMP

6 Sekolah

Data DIKMAS